Cara Menanam Timun Suri yang baik

Sekilas terlihat dari bentuk serta namanya, timun suri bisa dimasukan dalam keluarga mentimun. Namun, hal itu tidaklah benar karena secara ilmiah sifat yang dimiliki timun suri berkebalikan dari timun sendiri sehingga timun suri lebih condong dikelompokkan kedalam keluarga melon, semangka ataupun blewah. Karena Timun suri mempunyai daya tahan yang baik serta teknik menanam yang mudah, dan dapat menghadapi serangan hama maka timun suri banyak diminati. Budidaya timun suri selain mudah, juga sangat diminati karena mengandung vitamin yang sangat tinggi, yakni seperti provitamin A dan vitamin C. Untuk mendapatkan kualitas timun suri yang terbaik. berikut ini cara tepat yang dapat dilakukan untuk membudidayakan tamanan timun suri.

 

Cara Budidaya Timun Suri

1. Pengolahan Lahan

Cangkul halus tanah yang bakal digunakan dalam budidaya timun suri dengan tanah yang datar dan tanpa dibuat bedengan. Kemudian buat lubang tanam yang berukuran 1x1 meter. Lalu masukkan pupuk seperti pupuk kompos atau dan pupuk kandang ditiap lubang sekitar 1 kg dan diamkan selama kurang lebih 2 hari.

2. Penanaman Benih

benih setelah dilakukan pengolahan lahan masukkan ke lubang sebanyak 2 biji dan ditutup dan disiram hingga tumbuh. Tanaman tumbuh biasanya pada 7 hari saat setelah ditanam. Jika belum ada yang tumbuh di 7 hari itu, lakukan penyulaman. benih dapat dipakai minimal sekitar 1 tahun saat setelah produksi, dengan kekuatannya tergantung di perawatan dan penyimpanan benih.

3. Budidaya Timun Suri

saat setelah 7 hari saat penanaman, dilakukan penyiangan. Saat tanaman telah mencapai dewasa dapat bersaing hidup dengan gulma atau tumbuhan liar. Jika telah berbuahpun gulma dapat dimanfaatkan untuk menjadi alas antara buah dan tanah. Timun suri ialah tanaman yang sangat bandel serta tahan kekeringan. Maka dari itu untuk penanganannya tidak akan terlalu sulit dan tidak perlu disiram secara rutin.

4. pemanenan

panen timun suri bisa dilakukan di hari ke 60 - 75 saat timun ditanam. kebanyakan dari jenis timun suri ini dapat dipanen sebanyak 10 kali. Dan setelah itu diganti dengan baru. Dan untuk mengetahui bagaimana timun suri telah siap panen ialah dengan dipegang dan jika dipegangn timun lepas dari tangkai dengan sendirinya, maka itu telah matang dan siap dipanen.

Demikianlah cara budidaya timun sari dengan cara yang efektif agar menghasilkan hasil yang memuaskan. Simak cara budidaya tanaman lainnya hanya di blog cara budidaya. Semoga bermanfaat.

Cara Menanam Timun Suri yang baik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Monika Levta