Cara Budidaya Ikan Wader Secara Cerdas

Untuk warga negara Indonesia terutama yang berada dipedesaan tidak mungkin tidak kenal dengan yang namanya ikan Wader. Ikan Wader sangatlah mudah dijumpai terutama didaerah jawa, sumatera dan juga kalimantan, sulawesi, bali serta lombok. Bentuk mungilnya memang lucu dan sangat dinikmati dan juga sekali lahap dengan rasa yang gurih sampai terasa. Selain enak untuk dimakan, ternyata karena Ikan Wader ini terkenal, menjadikan peluang bisnis yang sangat menguntungkan dimana omset dari penjualan Ikan Wader ini mencapai 90 juta per bulan jika rutin membudidayakannya. Maka dari itu, budidaya Ikan Wader sendiri dipadukan dengan teknik khusus breeding Ikan Wader. Ikan Wader ini banyak sekali jenisnya dan juga untuk Ikan Wader yang terkenal dengan ikan Ikan Wader pari dan Ikan Wader cakul. Berikut ini cara budidaya Ikan Wader dengan hasil yang menguntungkan.

Cara Budidaya Ikan Wader

1. Pemilihan Ikan Wader

Ikan Wader yang akan dibudidaya dipilih dari sekian banyak varian jenis Ikan Wader ini. Untuk jenis lokal sendiri biasanya banyak menggunakan jenis Pari dan Cakul. Untuk jenis pari sendiri, jika di jawa dikenal dengan wader pari, disumatera dikenal dengan nama seluang dan belunteur. Jenis pari ini mempunyai ciri - ciri tubuhnya ramping dan juga panjang, tubuhnya memiliki garis horizontal yang berwarna biru, dan juga warna tubuh putih keperakan. Sedangkan untuk jenis Cakul sendiri memiliki tubuh yang montok dan juga gemuk, adanya bintik dua dibagian pangkal sirip punggung serta warna tubuh abu - abu kehijauan. Untuk penentuan jenis kelamin dari Ikan Wader ini jika jantan tubuhnya ramping dan ada 2 lubang kelamin serta distriping keluar sperma sedangkan untuk betina mempunyai postur yang lebih besar pada bagian perut dan juga ada 3 lubang kelamin distriping keluar telur.

2. Pemijahan Ikan Wader

Pemijahan dilakukan dengan waktu 2 hari disaat induk dimasukkan kekolam pemijahan. Kemudian telur wader akan menetas setelah 24 jam lamanya.

3. Pembibitan Ikan Wader

Setelah melakukan pemijahan, dilakukan pembibitan dengan cara membuat kolam yang merupakan kolam beton atau juga kolam terpal dan ukurannya disesuaikan dengan kebutuhan dan lahan yang ada. Setelah itu, kolam harus dikeringkan dahulu yang bertujuan supaya kolam bersih, steril dan juga tidak adanya kuman - kuman. Kemudian setelah itu anda bisa memasukkan bibit Ikan Wader.

4. Pemberian Pakan Ikan Wader

Dalam hal melakukan pembudidayan Ikan Wader ini, benih - benih Ikan Wader diberi makan berupa kuning telur yang telah direbus dan juga dihaluskan. Mungkin secara alami Ikan Wader ini memakan plankton dan juga lumut yang ada didalam kolam. Kuning telur hanya sebagai pelengkap makanan karena mengandung protein yang sangat tinggi. Cara budidaya Ikan Wader ini termasuk mudah dikarenakan Ikan Wader mampu hidup didaerah dataran rendah, sekitaran pantai dan juga dipegunungan. Saat setelah mencapai ukuran 11,5 cm dan juga beratnya sekitar 18,7 gram, Ikan Wader sudah layak untuk dijual dan dipasarkan.

Demikianlah informasi mengenai cara budidaya Ikan Wader dengan hasil yang menguntungkan. Untuk mendapatkan informasi lainnya mengenai cara budidaya, silahkan berkunjung ke blog cara budidaya terbaru, semoga bermanfaat.

Cara Budidaya Ikan Wader Secara Cerdas Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown