Teknik Cara Budidaya Ikan Tombro Secara Benar

Ikan Tombro merupaan iakan yang hidupnya di air tawat yang sangat sering dikonsumsi hampir seluruh kalangan khususnya untuk para pecinta kuliner tanah air, dengan melihat dari peluang pemasaran dari ikan tombro ini yang sangat menjanjikan dimana juga untuk pemeliharaan sendiri termasuk mudah banyak orang yang mulai untuk membudidayakannya. Ikan Tombro sendiri ialah salah satu ikan yang mempunyai rasa yang gurih serta enak dan memiliki kandungan rotein yang tinggi. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai cara budidaya Ikan Tombro, berikut ini cara budidaya Ikan Tombro lengkap dengan hasil yang memuaskan.

Cara Budidaya Ikan Tombro

Syarat Budidaya Ikan Tombro

Budidaya Ikan Tombro

Ikan Tombro pada habitat aslinya tinggal didaerah perairan sungai, waduk / danau dimana ketinggiannya sekitar 150 - 600 mdol dengan memiliki kondisi suhu air yaitu 20 - 25 derajat C. Ikan Tombro digolongkan sebagai ikan pemakan segalanya atau omnivora, karena itu Ikan Tombro dapat memakan lumut, dedaunan, cacing, serangga dan lain sebagainya. Biasanya Ikan Tombro yang sering dipelihara di kolam beton, kantong jaring apung, kolam air deras, kolam tanah atau juga tergantung pada ketersediaan lokasi. Yang perlu diperhatikan yaitu kualitas dari air itu sendiri yang membutuhkan pH air sekitar 7-8 dan kadar oksigen cukup tanpa adanya pencemaran dari kandungan zat kimia berbahaya.

Cara Pemijahan Ikan Tombro

Saat melakukan pemijahan, Ikan Tombro dirangsang dengan cara membentuk habitat yang mirip seperti kondisi lingkungan perairan pada umumnya dimana Ikan Tombro memijah secara alami atau juga denganr rangsangan hormon. Berikut ini cara persiapan pemijahan Ikan Tombro :
  • Membersihkan dan juga mengeringkan lokasi pemijahan (kolam atau bak)
  • Mengisi lokasi pemijahan dengan air yang tingginya mencapai 75-100 cm
  • Memasang hapa untuk memudahkan panen larva dibak atau kolam dengan dimensi 4x3x1 m. hapa diberi pemberat agar tidak mengambang
    Memasang kakaban dilokasi pemijahan atau didalam hapa berupa ijuk yang dijepit bambu atau papan dengan memiliki diensi 1,5 x 0,4 m
  • Memasukkan indukan Ikan Tombro jantan dan betina dengan rasio perbandingan sekitar 2 atau 3 : 1 tergantung pada bobot indukan ikan mas betina
  • Mengangkat indukan yang memijah dan pindahkan kelokasi kolam pemeliharaan induk
  • Jika telur berumur sekitar 4 hari, telur Ikan Tombro akan menetas menjadi larva dimana saat menetas larva masih terdapat cadangan makanan dari telur. Setelah itu pakan tambahan diberikan seperti pelet untuk larva, rebusan kuning telur atau juga kutu air. Saat larva berumur sekitar 5 hari, larva siap untuk dipindahkan ke kolam pembenihan.

Pemeliharaan Ikan Tombro

Ikan Tombro agar memberikan hasil yang maksimal dengan pemeliharaan di air yang tenang namun sirkulasi air cukup terus - menerus. Pemeliharaan sendiri dilakukan selama kurang lebih 3-4 bulan. Untuk melakukan pembesaran pada bibit Ikan Tombro dengan baik ialah dengan memperhatikan kondisi dari kualitas air kolam karena berkenaan dengan nafsu makan ikan tersebut. Selain kondisi air juga, ditengah kolam lebih baik diberi pancuran atau juga filterisasi karena dapat memperbaiki kondisi air yang buruk serta meningkatkan kadar oksigen didalam kolam.

Pakan Ikan Tombro

Ikan Tombro ini mempunyai sifat yang rakus dan juga pemakan segalanya atau omnivora yang bisa menyerap segala makanan baik berupa hewani dan juga nabati seperti serangga, sayuran, ganggang, lumut atau cacing. Untuk itu, teknik beternak yang baik iala dengan memberi makan 3x dalam sehari, khusus dipagi hari salah satunya karena pada pagi hari sinar matahari bisa meningkatkan kadar dari oksigen yang telah dikeluarkan oleh tanaman air sebagai akbit dari proses fotosintesis oleh matahari.

Panen Ikan Tombro

Panen dari Ikan Tombro ini biasa dilakukan setelah pembibitan sekitar 3 hingga 4 bulan atau bisa juga tergantung dari kebutuhan.

Demikianlah informasi mengenai cara budidaya Ikan Tombro lengkap dengan hasil yang memuaskan. Untuk mendapatkan informasi seputar cara budidaya, silahkan untuk berkunjung ke blog cara budidaya lengkap, semoga bermanfaat.

Teknik Cara Budidaya Ikan Tombro Secara Benar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Monika Levta