Pedoman Budidaya Ikan Molly Secara Menguntungkan

Ikan hias sekarang ini sangat digemari oleh anak - anak maupun orang dewasa dikarenakan enak dilihat dan juga dipandang. Ikan hias sendiri bermacam - macam jenis dan unik serta menggemaskan. Ikan hias yang sangat disenangi oleh ikan hias ini ialah jenis ikan hias balon. Ikan Balon atau ikan Molly ini ialah ikan hias yang terlihat lucu dan memiliki panjang hanya maksimal 12 cm serta badannya yang besar serta yang terunik dari ikan Molly ini ialah perutnya yang buncit. Hingga sekarang telah banyak jenis dan varian dari Ikan Molly ini karena beragam persilangan dan mutasi menghasilkan warna dan bentuk yang berbeda - beda. Salah satu Ikan Molly yang lucu yakni Ikan Molly Balon yang bentuk tubuhnya seperti bola dengan mirip seperti ikan maskoki mini. Ikan Molly selain enak dilihat dan dipandang juga cara budidayanya cukup mudah namun butuh ketelatenan dalam merawatnya. Dihabitat yang asli, Ikan Molly ini hidup disuhu perairan 25-28 derajat C dengan mempunyai pH 8 dan juga kekerasan 14-20 derajat dH namun tidak menuntut kemungkinan di pH 7 pun masih bisa dan tidak ada masalah, namun jenis Ikan Molly ini kurang dalam toleransinya mengenai perubahan dan juga goncangan suhu yang tinggi. Berikut ini cara budidaya Ikan Molly agar Menghasilkan Laba Besar.

Cara Budidaya Ikan Molly

1. Memilih Indukan Ikan Molly

Sebelum melakukan pembudidayaan Ikan Molly, perlu diperhatikan mengenai Indukan dari Ikan Molly sendiri. Ikan Molly yang mau dikawinkan supaya mempunyai anakan yang cantik dan lucu dan juga jenis kelamin dari indukan Ikan Molly jantan dan indukan Ikan Molly betina. Indukan Ikan Molly jantan mempunyai gonopodium atau tonjolan dibelakang sirip perut yang adalah modifikasi sirip anal panjang, tubuh ramping, warna lebih cerah dan juga sirip punggung lebih panjang serta kepala agak besar. Sedangkan untuk Ikan Molly betina dibelakang sirip tidak ada gonopodium namun srip halus, dan juga tubuhnya gemuk dengan warna kurang cerah, sirip punggung biasa dan kepalanya yang agak runcing.

2. Teknik Pemijahan Ikan Molly

Memijahkan Ikan Molly mirip dengan ikan Guppy. Namun bedanya jika Ikan Molly dikondisi airnya agak keras agar hasilnya lebih bagus. Karenanya ditambah garam dapur sekitar 1 sendok makan per tiga liter air dalam memperbanyak produksi dari anakan Ikan Molly. Selain itu juga kecukupan akan hal sinar matahari ialah syarat penting untuk membudidayakan Ikan Molly. Ikan Molly akan menjadi indukan setelah umur 5 bulan. Ukuran jualnya telah mencapai panjang 2,5 - 3,0 cm diwaktu 3-4 bulan. Teknik pemijahan dilakukan dengan cara pertama persiapkan wadah berupa bak plastik atau bisa juga akuarium. Dana tambahkan garam dapur sekitar 1 sendok makan di 8 liter air, lalu jauhkan tempat pemijahan dari hal layak ramai, gunakan penambahan tanaman air untuk sebagai perangsang dan jugas masukkan indukan Ikan Molly dengan perbandingan induk jantan 1/3 induk betina. Proses dari pemijahan ini ditandakan dengan kejar-kejaran selama 4-7 hari. Setelah mencapai seminggu, benih akan tampak dipinggiran bak, lalu pisahkan induk dari kolam pemijahan.

3. Perawatan Benih Ikan Molly

Anakan Ikan Molly yang baru lahir belum perlu diberi makan dan karena mengandung kuning teluar. Namun setelah 4-5 hari anakan dapat diberi makan berupa kutu air yang telah disaring atau bisa juga kuning telur yang telah direbus dan dihancurkan. Setelah ukuran 2-3 cm bisa diberi makanan cacing, jika telah berukuan 5-7 cm diberi makanan cuk. Selain makanan utama, dapat juga diganti dengan makanan berupa cacing kering dan juga agar - agar. Pemberian dilakukan 2 kali dalam sehari dan dengan dilakukan pergantian air jangan sampai terlalu keruh bisa dilakukan 2-3 hari sekali.

4. Pemanenan Ikan Molly

Pemanenan dapat dilakukan sesuai dengan permintaan pasar, namun biasanya untuk waktu 1 bulan pun telah dapat dipanen dan siap dijual.

Demikianlah informasi mengenai cara budidaya Ikan Molly agar menghasilkan laba besar. Untuk mendapatkan informasi lainnya mengenai cara budidaya, silahkan berkunjung ke blog cara budidaya, semoga bermanfaat.

Pedoman Budidaya Ikan Molly Secara Menguntungkan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Monika Levta