Cara Budidaya Ikan Platy Secara Mudah

Ikan Platy ialah salah satu jenis dari ikan hias yang banyak diminati oleh ara pecinta ikan hias dikarenakan ikan ini mempunyai warna yang sangat cearah dan juga Ikan Platy ini sangatlah cantik jika dipandang dan juga dipelihara diakuarium. Ikan Platy sendiri ialah ikan ovovivipar yang dimana ikan ini beranak serta bertelur namun kebiasaannya biasanya beranak saja (livebearer). Ikan Platy ini tidaklah seagresif ikan cupang atau ikan laga jadi ikan ini dapat diperlihara bersama - sama ikan hias lainnya seperti ikan neon tetra ataupun ikan hias yang lain didalam kolam yang sama. Biasanya dikalangan pecinta ikan hias menyukai jenis Ikan Platy yakni, platy koral, sunset, mickey mouse, cendrawasih, hawaii ataupun pedang. Harga dari Ikan Platy ini pun dipasaran sangatlah murah dan bisa dijangkau namun sekarang dipasaran meningkat dengan tajam, itulah yang menyebabkan peluang untuk membudidayakan Ikan Platy ini sangatlah menguntungkan serta bisa menjadi ladang peluang bisnis. Berikut ini cara budidaya Ikan Platy yang bisa menguntungkan.

Cara Budidaya Ikan Platy

Cara Budidaya Ikan Platy

1. Memilih Indukan Ikan Platy

Langkah pertama yang akan dilakukan untuk membudidayakan Ikan Platy ini ialah memilih indukan Ikan Platy yang bagus, sehat dan juga berkualitas. Untuk itu kita harus mengetahui ciri - ciri dari Ikan Platy yang memenuhi kriteria untuk dibudidayakan yakni ciri - cirinya ada pada warna yang cerah dengan tidak ada pucat serta gerakan yang lincah. Dan juga jenis kelamin dari masing - masing Ikan Platy jantan dan betina dimana Ikan Platy betina memiliki bentuk tubuh yang besar dengan mempunyai pertu yang buncit sedangkan untuk Ikan Platy jantan tubuhnya lebih ramping dan perut yang normal dan menggunakan perbandingan 1:2 yakni 1 untuk Ikan Platy jantan, butuh 2 Ikan Platy betina, dan perlu diperhatikan umur Ikan Platy yang telah lebih dari 3 bulan agar ikan telah mempunyai daya reproduksi.

2. Pemijahan Ikan Platy

Tahapan pemijahan Ikan Platy dilakukan dikolam yang khusus dengan jauh dari kebisingan supaya pemijahan menjadi lancar, dan juga didalam kolam pemijahan ini adanya tumbuhan air gunanya sebagai tempat anakan ataupun bibit dari Ikan Platy bersembunyi. Setelah itu masukkan indukan jantan dan betina kedalam kolam dan pemijahan ini dilakukan 1 hari kurang tergantung dari suasana sekitar dan juga kolam dimana air dari kolam pemijahan bersih. Setelah proses pemijahan, pisahkan indukan Ikan Platy jantan dari kolam pemijahan dan menunggu Ikan Platy melahirkan sekitar 4-5 jam dan baru mengangkat Ikan Platy betina jika telah ada anakannya.

3. Perawatan Anakan Ikan Platy

Setelah bibit anakan Ikan Platy lahir, dapat diberi makan kuning telur, jentik nyamuk atau bisa juga kutu air tapi jangan sampai terlalu banyak supaya tidak akan mengganggu dari suasana yang ada didalam kolam. Setelah anakan dari Ikan Platy telah mulai tumbuh besar, bisa langsung dipindahkan kekolam yang lebih besar agar suasana lebih leluasa dan juga tidak sesak.

4. Masa Panen Ikan Platy

Masa panen budidaya Ikan Platy ini biasanya rata - rata 2 bulan namun lebih kepada permintaan dari pasar, dan dengan waktu tersebut, akan menghasilkan untung dengan beternak ikan kecil serta cantik ini.

Demikianlah ulasan mengenai cara budidaya Ikan Platy yang bisa menguntungkan. Untuk mendapatkan informasi lainnya mengenai cara budidaya tanaman ataupun yang lainnya, bisa kunjungi blog cara budidaya, semoga informasi ini bisa berguna.

Cara Budidaya Ikan Platy Secara Mudah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Monika Levta