Cara Budidaya Kacang Panjang Terbaru 2016

Kacang Panjang atau dengan nama ilmiahnya Vigna Sinensis digolongkan kedalam famili dari leguminosa. Famili leguminosa sendiri biasa dimanfaatkan oleh petani menjadi tanaman sela dalam memulihkan kandungan nitrogen didalam tanah. Selain menjadi tanaman sela, budidaya dari Kacang Panjang sendiri sangatlah potensial jika ditinjau dari aspek ekonomi. Budidaya Kacang Panjang bisa dilakukan didataran tinggi yang mencapai 800 mdpl dan juga rendah. Untuk suhu optimum pertumbuhan Kacang Panjang ini berada di rentang 15-24 derajat C dan cuah hujan 600-1500 mm per tahunnya. Dan untuk suhu maksimum yang dapat dicapai ialah 35 derajat C dan suhu minimumnya sendiri 10 derajat C. Di Indonesia, budidaya Kacang Panjang dapat dilakukan disepanjang musim. Tapi kebiasaan dari petani memulainya diawal musim hujan, padahal dapat dilakukan juga dimusim kemarau. Kacang Panjang menyukai tipe tanah yang gembur dan langsung terkena sinar matahari serta drainase yang baik. karena prospek dari budidaya Kacang Panjang sangatlah menjanjikan, maka banyak petani mulai membudidayakan Kacang Panjang ini. Untuk itu, berikut ini cara budidaya Kacang Panjang dengan prospek yang menguntungkan.

Cara Budidaya Kacang Panjang

 

1. Syarat Tumbuh Kacang Panjang

Kacang Panjang tumbuh dengan baik dilahan yang bertanah latosol / lempung berpasir, gembur, kaya akan unsur hara dan subur serta drainase yang baik. Untuk pH sendiri Kacang Panjang membutuhkan pH tanah netral antara 5-6 sedangkan suhu antara 25-30 derajat C dan curah hujan yang berkisar 700-1200 mm/th nya. Dan yang perlu diperhatikan ialah ketinggian dari lahan yakni tidak melebihi 800 mdpl dengan iklim yang kering.

2. Pemilihan Bibit Kacang Panjang

Untuk mendapatkan hasil dari Kacang Panjang yang berkualitas, yang pertama diperhatikan ialah bibit yang akan digunakan. Ciri dari bibit berkualitas yakni penampilan dari Kacang Panjang bernas atau kusam, perkecambahan dari Kacang Panjang diatas 90%, bibit tidak mengalami kerusakan atau cacat serta tidak mengandung penyakit ataupun hama tanaman. Untuk cara penanaman Kacang Panjang sendiri tidak perlu melalui proses persemaian bibit. Benih dari Kacang Panjang dapat langsung ditanam dilahan yang telah disediakan sebelumnya.

3. Persiapan Lahan Kacang Panjang

Lahan disiapkan dengan cara mencangkul atau bajak lahan supaya lahan menjadi gembur serta bersihkan lahan dari gulma ataupun bekas tanaman yang sebelumnya mengganggu. Berikan pupuk kandang supaya menambah ketersediaan unsur hara yang sangat dibutuhkan tanaman dengan dosis mencapai 1 ton / hektar lahan. Setelah dipupuk, tanah didiamkan selama 7 hari supaya pupuk kandang tercampur dengan tanah secara sempurna. Setelah iti dibuat bedengan dengan panjang yang menyesuiakan lahan (lebar kurang dari 80 cm, tinggi bedengan sekitar 30 cm). Beri jarak antar bedengan sebagai drainase sekitar 40-50 cm. Buat lubang tanam diatas bedengan dengan jaak tanam 30 x 40 cm.

4. Cara Menanam Kacang Panjang

Kacang Panjang ditanam dengan baik dan benar disaat awal musim penghujan supaya tanaman yang baru ditanami mendapatkan suplay air yang cukup dengan cara masukkan benih Kacang Panjang kedalam lubang yang telah disiapkan dimana setiap lubang dimasukkan 2 buah biji Kacang Panjang. Kemudian tutup tanah dengan tipis atau juga menggunakan abu dapur ditambah dengan pupuk kandang.

5. Penyulaman Tanaman Kacang Panjang

Penyulaman ialah teknik mengganti benih yang tidak tumbuh dengan sempurna, terserang penyakit, atau juga mati dengan benih yang baru supaya tanaman Kacang Panjang dapat tumbuh dengan serempak. Penyulaman sendiri dilakukan ketika usia tanaman menginjak 5-7 hari. Jika lebih, penyulaman tidak perlu dilakukan.

6. Penyiangan Lahan Kacang Panjang

Lahan perlu dibersihkan dari tanaman lain yang mengganggu seperti gulma atau bisa juga rumput liar yang sedangk tumbuh disekitaran tanaman karena akan terjadinya persaingan dalam hal mendapatkan nutrisi tanah.

7. Pengairan dan Penyiraman Kacang Panjang

Tanaman Kacang Panjang tidak terlalu butuh dari pasokan air dalam volume yang besar, karena itu, menyirami tanaman sehari sekali, di pagi atau sore hari.

8. Pupuk Susulan Kacang Panjang

Untuk menjaga ketersediaan nutrisi didalam tanah, tanaman Kacang Panjang membutuhkan pemberian pupuk sususalan yang bisa dilakukan diusia tanam tenah menginjak ke umur 45 hari saat pertama biji ditanam dan dengan dosis Urea 50kg, SP36 25Kg, dan juga KCI 75 Kg. Buat lubang disekitaran tanaman Kacang Panjang dan masukkan pupuk susulan disana.

9. Pemanenan Kacang Panjang

Kacang Panjang yang telah siap dipanen ialah Kacang Panjang yang ukuran polong telah optimal, biji didalam polong tidak terlihat menonjol dan juga mudah untuk dipatahkan dan tidak lentur atau sekitar 3-4 bulan sejak bibit ditanam. Memanen dilaukan dipagi hari untuk mendapatkan kacang panjang yang segar dengan cara memotong tangkai polong dengan menggunakan pisau lalu disortir sera diikat setiap 1 kg polongnya.

Demikianlah informasi seputar cara budidaya Kacang Panjang dengan prospek yang menguntungkan. Untuk mendapatkan informasi lain mengenai cara budidaya, silahkan berkunjung ke blog cara budidaya lengkap, semoga bermanfaat.

Cara Budidaya Kacang Panjang Terbaru 2016 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Monika Levta