Cara Menanam Nona Makan Sirih Secara Betul

Tanaman Nona Makan Sirih atau dalam bahasa ilmiahnya Clerodendrum thomsonae merupakan tanaman berjenis semak  perdu yang memiliki cabang rendah. Di Indonesia sendiri tanaman Nona Makan Sirih ditanam menjadi tanaman hias karena dapar tumbuh dengan sangat baik baik didaerah dataran tinggi maupun didaerah dataran rendah.  Tanaman Nona Makan Sirih berasal dari Afrika Barat tepatnya di daerah Kamerun barat hingga Senegal. Tanaman ini dapat dijumpai di dataran yang memiliki ketinggian 1000 mdpl. Karena kecantikan dan keindahan dari tanaman ini, banyak orang yang berlomba - lomba untuk membudidayakannya. Banyak orang membudidayakan tanaman Nona Makan Sirih dengan cara ditanam dipot. Namun perlu diperhatikan, tanaman Nona Makan Sirih agar menghasilkan bunga yang indah, maka tanaman ini ditanam ditempat yang mendapatkan cahaya matahari secara langsung atau bisa juga dengan sedikit terlindungi. Berikut ini cara budidaya Nona Makan Sirih supaya menghasilkan bunga yang indah.

Cara Budidaya Nona Makan Sirih

1. Ulasan Mengenai Nona Makan Sirih

Tanaman Nona Makan Sirih jika masih berumur muda bisa tumbuh dengan tegak, dan seiring dengan bertambah panjang, batangnya kemudian membelit. Tinggi atau panjang dari tanaman Nona Makan Sirih ini mencapai 40-50 cm. Tanaman Nona Makan Sirih juga mempunyai ranting yang muda dengan bentuk persegi. Kelopak dari tanaman ini berwarna putih, kemudian berubah menjadi warna merah ungu ketika waktu penyerbukan tiba. Tajuk bunga membentuk tabung dengan panjang 2 cm. Ujung tajuk melebar kearah luar dengan bentuk seperti bintang yang memiliki warna merah gelap seperti bentuk bibir seorang nona yang sedang makan sirih. Bunga dari Nona Makan Sirih mulai berkembang disaat bulan januari hingga desember. Tanaman ini juga terdapat buah yang berukuran kecil dimana setiap buah mempunyai 4 buah biji.

2. Bibit Nona Makan Sirih

Bibit dari tanaman Nona Makan Sirih didapat dengan cara lewat biji dan juga bisa lewat stek. Namun biasanya orang membudidayakan tanaman Nona Makan Sirih dengan cara stek. Itu karena pertumbuhan dari tanaman Nona Makan Sirih dengan melalui stek lebih cepat tumbuh dibanding dengan penanaman biji.

3. Pemilihan dan Perawatan Bibit Nona Makan Sirih Dari Stek

Jika ingin mengambil stekan, pilih batang tanaman Nona Makan Sirih yang masih segar dengan ukuran sebesar jari tangan. Potong stek dengan panjang ukuran 2 hingga 3 jengkal kemudian tanamkan ke bak yang telah berisi pasir. Setelah itu disiram dengan air, sekitar 2 hingga 3 minggu setelah penanaman, akar akan bertumbuh banyak, kemudian pindahkan tanaman muda ini kedalam pot yang telah berisi tanah yang diberi pupuk kandang. Lalu setelah melakukan pemindahan dan memperbanyak bibit Nona Makan Sirih, selanjutnya dilakukan perawatan yang rutin dengan melakukan penyiraman dan sebagainya ke tanaman Nona Makan Sirih ini.

4. Pemilihan dan Perawatan Bibit Nona Makan Sirih Dari Biji

Selain cara stek, dapat juga dengan menggunakan biji. Jika memilih budidaya tanaman Nona Makan Sirih dengan cara penanaman biji, maka yang pertama kali dilakukan ialah memilih buah yang telah matang. kemudian kupas kulit buah lalu semaikan biji dimedia tanam pasir. Tunggu selama 2-4 minggu setelah penyemaian sampai biji telah menjadi bibit, kemudian siap dipindahkan kedalam pot yang besar dengan media tanah yang telah dicampur dengan pupuk kandang. Memang jika dilihat penanaman dengan cara biji membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan penanaman dengan cara stek. Namun biasanya tanaman yang ditanam dengan biji akan mempunyai waktu yang lebih lama usianya dibanding dengan yang ditanam dengan menggunakan stek, tapi semua itu juga tergantung dengan perawatan yang baik dan juga benar.

Demikianlah informasi mengenai cara budidaya Nona Makan Sirih supaya menghasilkan bunga yang indah. Untuk mendapatkan informasi lainnya mengenai cara budidaya, silahkan untuk mengunjungi blog cara budidaya terbaru, semoga bermanfaat.

Cara Menanam Nona Makan Sirih Secara Betul Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Monika Levta