Cara Membudidayakan Anggrek Dendrobium dengan benar

Bunga anggrek adalah salah satu dari sekian banyak bunga yang mempunyai keindahan yang terdapat pada bunganya. Karena keindahan bunga ini lah, bunga anggrek banyak diminati oleh semua pecinta bunga dan juga tidak akan lengkap rasanya jika tidak mempunyai bunga anggrek sebagai koleksinya. Budidaya bunga anggrek tergolong mudah jika dirawat secara baik dan benar. Di Indonesia sendiri telah dikenal sebagai pemiliki bunga anggrek dengan jenisnya yang paling banyak didunia yakni mencapai 3500 jenis spesies anggrek yang dihasilkan dari perkawinan silang. Jenis anggrek yang banyak diminati dan dikoleksi ialah anggrek Dendrobium. Anggrek Dendrobium banyak dibudidayakan karena disamping perawatannya yang mudah, banyak juga aneka pilihan warna bunga yang menarik dari hasil persilangan baik dalam maupun luar negeri. Anggrek Dendrobium termasuk kedalam kelompok anggrek epifit yang tumbuh menyebar dihutan tropis Indonesia dan Malaysia. Kelebihan dari Anggrek Dendrobium ini ialah masih tahan terhadap kekurangan air, dan juga harga dari Anggrek Dendrobium relatif terjangkau. Karena itulah Anggrek Dendrobium banyak dibudidayakan menjadi bunga hias dan ada juga sebagai bunga potong pelengkap parsel ataupun hadiah. Berikut ini cara membudidayakan Anggrek Dendrobium agar berbunga bagus dan indah.

 

Cara Membudidayakan Anggrek Dendrobium

1. Syarat Tumbuh Anggrek Dendrobium

Anggrek Dendrobium sangat membutuhkan sinar matahari sebagaimana tanaman lain yang berhijau daun. Secara umum Anggrek Dendrobium memerlukan sinar matahari sekitar 50-60 %. Sedangkan untuk temperatur sendiri, pertumbuhan dari Anggrek Dendrobium umumnya sekitar 15 derajat celcius dimalam hari dan 25-27 derajat celcius disiang hari dengan kelembaban udara mencapai 60-70 persen.

2. Bibit Anggrek Dendrobium

Bibit Anggrek Dendrobium yang diperjualbelikan biasanya ada 4 macam yakni dalam botol, bibit kompot (komoditi pot), bibit didalam bentuk tanaman muda dan juga bibit dalam bentuk tanaman tua. Bibit Anggrek Dendrobium yang baik harus memenuhi syarat - syarat seperti Media yang dipastikan bersih dengan tidak adanya cendawan yang mirip seperti kapas menempel diakar, Kecambah yang sudah berakar dan juga pertumbuhan kecambah seragam, warna daun hijau dan segar, mulu serta tidak menunjukkan gejala keriput ataupun salah bentuk, tidak ada kecambah yang mati, pot dan tanamannya dalam keadaan yang bersih, dan juga pertumbuhan dari bibit seragam dan juga kuat, per akaran kuat dan banyak serta tidak adanya bibit yang layu ataupun mati.

3. Persiapan Media Anggrek Dendrobium

Media yang akan digunakan dalam penanaman Anggrek Dendrobium ini pada umumnya terdiri atas pakis, pecahan batu bata atau genteng, dan pecahan dari batu kerikil atau batu kali, sabut kelapa atau arang kayu dengan tahapan pertama, siapkan pot yang telah dibersihkan dari lumut atau yang ukurannya telah disesuaikan, kedua, masukkan pecahan genteng sepertiga dari bagian pot lalu atasnya dimasukkan sepertiga dari arang kayu dan diatas sekali masukkan potongan pakis, dan pot siap untuk ditanami.

4. Penanaman Anggrek Dendrobium

Cara tanam Anggrek Dendrobium berbeda - beda tiap jenisnya tergantung dari tipe dan juga macam bibitnya.
  • 4.1 Penanaman Bibit Botolan

    • Buka tutup botol yang telah berisi anggrek, kemudian masukkan air bersih sekitar 2-3 sendok kedalam botol, kemudian botol digoyang - goyang supaya akarnya terlepas dari media.
    • Botol dimiringkan dan bibit dikaitkan dengan kawat yang ujungnya berbentuk seperti v dengan daun bunga yang arahnya kebelakang aga tidak merusak daun.
    • Bibit muda dijatuhan kearah dalam wadah baskom plastik yang telah berisi air bersih lalu dicuci sampai bersih.
    • Setelah bibit bersih, rendam bibit kedalam baskom yang berisi campuran larutan ZPT/PPC seperti atonik 2 tetes didalam 1 liter air dengan lama perendaman 5-10 menit.
    • Lalu rendam lagi bibit dengan larutan fungisida Ditane M-45 2 g per 1 liter air hingga 5 menit.
    • Setelah direndam, bibit Anggrek Dendrobium diangkat dan ditiriskan dikertas tisu atau kertas koran dan bibit ditanam didalam pot yang telah berisi media.
  • 4.2 Penanaman Bibit Tanaman Muda dan Dewasa

    • Wadah yang akan digunakan untuk menanam bibit ini tergantung diukuran tanamannya. Untuk yang bertipe tanaman muda dari kompot cukup dengan memakai pot yang memiliki diameter 8 cm dan untuk tanaman dewasa memakai pot yang mempunyai diameter sepanjang 15 cm lebih. Bibit yang telah ditanam kedalam wadah pot, dan diberi tiang untuk menegakkan tanaman. Penempatan bibit kompot bisa ditengah pot, sedangkan tanaman dewasa dapat ditaruh disisi pot dengan tunas yang menghadap kearah tengah.

5. Penempatan Tanaman Anggrek Dendrobium

Setelah melakukan penanaman, Anggrek Dendrobium dalam pot dapat diganung secara sendiri - sendiri atau juga bisa ditaruh diatas rak. Penempatan Anggrek Dendrobium dapat diruangan yang tertutup dan juga ruangan setengah terbuka dimana diatasnya diberi peneduh seperti belahan bambu, kasa, kaca atau yang lainnya, sedangkan untuk sisinya dibiarkan terbuka.

6. Pemberian Vitamin Anggrek Dendrobium

Pemberian vitamin pada Anggrek Dendrobium menggunakan vitamin B1 yang dikombinasikan dengan pupu majemuk cair mamigro akan memberikan pengaruh yang sangat baik terhadap panjang tanaman, jumlah daun, luas daun dan juga berat basah tanaman jika dibandingkan dengan menggunakan pupuk majemuk cair Grow Team-M.

7. Panen Anggrek Dendrobium

Jika dilihat dari bentuk yang ada dipasaran, makan Anggrek Dendrobium dapat dipanen ketika bentuk tanaman muda karena dapat digunakan sebagai bibit, tanaman dewasa jika dijadikan tanaman hias dan bunga potong. Untuk tanaman muda sendiri bibit biasa djual dalam bentuk kompot yang dipisahkan oleh pot kecil berdiamter 6-8 cm. Dan tanaman dewasa biasanya tanaman yang telah berbunga. Untuk bunga potong, sebaiknya dipilih tangkai yang berupa bunganya telah mekar 1-3 kuntum. Pemotongan dilakukan dijarak sekitar 2 cm dari pangkal pantai menggunakan gunting stek yang telah dibasuh dengan menggunakan alkohol.

Demikianlah informasi mengenai cara membudidayakan Anggrek Dendrobium agar berbunga bagus dan indah. Untuk mendapatkan informasi lainnya mengenai cara budidaya, silahkan untuk berkunjung ke blog cara budidaya lengkap, semoga bermanfaat.

Cara Membudidayakan Anggrek Dendrobium dengan benar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Monika Levta