Peluang Bisnis Cara Bercocok Tanam Asparagus

Cara Budidaya Asparagus - Asparagus merupakan tanaman pangan yang biasanya dimanfaatkan dibagian rebung ataupun tunasnya. Jenis dari Asparagus ini ada dua yang biasa dibudidaya, yakni asparagus hijau dan asparagus putih. Untuk proses budidaya dari asparagus hijau lebih mudah jika ditanam di dataran rendah dan daratan tinggi. Sedangkan asparagus putih hanya dapat dibudidaya pada dataran tinggi saja dan juga perawatan dari asparagus putih sangatlah sulit. Asparagus asalnya dari kawasan Mediterania sepanjanga pantai Barat Eropa. Bisa terdapat di Indonesia karena dengan melalui negara Taiwan. Asparagus mengandung sumber yang kaya akan asam folat, natrium dan rendah kalori dimana tidak akan mengandung kolestrol. Ada juga multi-vitamin yang terkandunga pada Asparagus seperti vitamin A, vitamin B6, vitamin C, vitamin E serta vitamin K. Mineral pun terkandung didalam Asparagus ini seperti seng, kalsium, magnesium, besi, kalium, tembaga, mangan, thiamin, niacin, selenium serta riboflavin. Berikut ini cara budidaya Asparagus dengan baik dan benar.

Cara Budidaya Asparagus

1. Proses Penyiapan Bibit Asparagus

Proses budidaya Asparagus ini dapat dilakukan dengan dua cara yakni dengan metode biji atau generatif, dan bisa juga melalui stek dan kultur jaringan atau vegetatif. umumnya petani lebih memilih dengan cara generatif karena lebih simpel dan hasilnya berkualitas. Proses dari penyemaian biji bisa dilakukan di tanah yang subur dan gembur dimana struktur tanahnya tidak berpasir dan adanya drainase yang lancar. Lahan dibuat bedengan dengan ukuran 100 lebar x 20 cm tinggi dan panjang yang disesuaikan dengan mencangkul tanah dan diberi pupuk kompos dan furadan anti hama serta diberi ukuran parit lebar 30 cm x kedalaman 30 cm. Sebelum penyemaian, bibit diharuskan direndam pada air bersuhu 27 C seharian penuh. Ini untuk mendapatkan bibit yang berkualitas dimana jika bibit mengambang menyatakan bahwa bibit jelek. Untuk penyemaian, biji ditanam pada jarak 10x15 cm serta kedalaman 3 cm dan setiap lubang diisi sebutir biji Asparagus. setelah selesai, tutup lubang dengan sekam padi atau jerami untuk menjaga kelembaban. Setiap hari pada masa penyemaian, bibit harus dirawat dengan menyiram kebutuhan air terhadap Asparagus. Untuk pemindahan bibit Asparagus ke lahan penanaman disaat berusia 5-6 bulan.  Cari bibit yang berkualitas dan caranya dengan mencabut bibit dan dipotong dibagian akar dan tunasnya sampai menyisakan akar dengan panjang 20 cm dan tunas berukuran 20 cm. Bibit ini harus segera ditanam agar tidak mengalami kematian.

2. Proses Perawatan Tanaman Asparagus

Setelah dilakukan penanaman, lakukan proses pembubunan. Proses yang dilakukan sebanyak 2 hingga 4 minggu sekali. Perawatan juga dilakukan dengan memangkas saat setelah induk dari tanaman membentuk batang sampai berjumlah 8-10 buah. Jika mendekati waktu panen, batang yang dipelihara hanya 3-5 batang saja.

3. Proses Pemanenan Tanaman Asparagus

Proses pemanenan biasanya dilakukan disaat umur Asparagus telah mencapai 8-9 bulan. Dengan cara memotong rebung kemudian menimbun kembali sekeliling tanaman dengan kompos ataupun tanah. Potong batang yang mudah merupakan salah satu langkah yang tepat karena tidak akan merusak sistem akar tanaman. 

Demikianlah ulasan mengenai cara budidaya Asparagus dengan benar. Jika anda ingin mengetahui mengenai cara budidaya yang lainnya, silahkan kunjungi blog cara budidaya. Semoga bermanfaat.

Peluang Bisnis Cara Bercocok Tanam Asparagus Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Monika Levta