Analisa Usaha dan Cara Budidaya Ikan Manfish

Ikan Manfish atau biasa dikenal dengan nama Angel fish di ternyata berasal dari daerah perairan Amazon, Amerika Selatan. Ikan Manfish atau bahasa ilmiahnya Pterophyllum scalare digolongkan kedalam famili Cichlidae dengan mempunyai bentuk morfologis dan juga warna serta jenis tipe yang bervariasi dimana bentuk tubuh yang pipih dengan postur tubuh seperti sebuah anak panah yang mempunyai sirip perut dan sirip punggung yang membentang lebar menuju kearah ekor. Ikan Manfish mirip seperti busur yang memiliki warna gelap transparan dan juga dibagian dada adanya 2 buah sirip yang memiliki panjang menjuntau sampai kebagian tubuh didaerah ekor. Sifatnya yang omnivoris membuat Ikan Manfish ini memiliki aneka ragam jenis makanan dan ragam bentuk serta sumber. Karena peminat akan ikan hias dari Ikan Manfish ini meningkat dipasaran, membuat para bisnis memulai membudidayakan ikan hias yang satu ini karena selain tergolong mudah juga aset keuntungan yang melimpah. Berikut ini cara budidaya Ikan Manfish dengan simpel dan aset yang menguntungkan.

http://4.bp.blogspot.com/_wexzJsC47wQ/S7c8izWPADI/AAAAAAAAAA8/Kr9fbEx05cI/s1600/black-angelfish_3.jpg

Cara Budidaya Ikan Manfish

1. Pengelolaan Induk Ikan Manfish

Ikan Manfish sendiri bisa dijadikan induk disaa telah mencapai umur 7 bulan dengan memiliki ukuran sekitar 7,5 cm. Dalam mendapatkan hasil yang optimal, induk Ikan Manfish harus diperlihara dengan sangat baik seperti pemberian pakan yang baik seperti cacing Tubifex, jentik nyamuk dan atau Chironomous. Karena memang induk dari Ikan Manfish sangat peka terhadap serangan suatu penyakit, maka diperlukan dalam pemberian obat secara periodik seperi Oxytetracycline dan juga garam. Sebelum masuk kedalam tahapan pemijahan, Ikan Manfish diperlihara secara bersama didalam 1 akuarium berukuran besar (100x60x60 cm3). Setelah matang telur, Ikan Manfish yang berpasangan dan memisahkan diri dari ikan yang lainya diambil dan dipijahkan ditempat pemijahan. Atau bisa juga dengan cara memasangkan langsung induk Ikan Manfish dengan indukan jantan dipilih berukuran dari induk betina, kepalanya agak besar dan dibagian antara mulut ke sirip punggung berbentuk cembung dan bentuk badan yang lebih ramping dibanding induk betina.

2. Teknik Pemijahan Ikan Manfish

Pemijahan sendiri dilakukan diakuraium dengan ukuran 60x50x40 cm3 dan ketinggian air sekitar 30 cm dimana didalam akuarium diberi aerasi untuk penyuplaian oksigen. Ikan Manfish akan menempelkan benih telurnya di substrat yang halus seperti potongan pipa PVC yang telah disiapkan sebelumnya. Karena sifat dari Ikan Manfish yang menyukai gelap dan tenang, untuk itu didinding akuarium diberi tempelan kertas atau plastik yang gelap. Biasanya Ikan Manfish akan memijah dimalam hari dengan jumlah telur yang dihasilkan sekitar 500-1000 butir. Selama pemijahan berlangsung, induk Ikan Manfish masih tetap diberi pakan.

3. Penetasan Telur dan Pemeliharaan Larva Ikan Manfish

Telur yang telah menempel disubstrat kemudian dipindahkan kedalam akuarium penetasan telur dengan ukuran 50x50x40 cm3. Air media penetasan sendiri diberi obat anti jamur seperti Methyline Blue dosis 1 ppm. Dalam penjagaan kestabilan suhu, di media penetasan diberi pemanas air yang dipasang disuhu 27-28 derajat celcius. Setelah 2-3 hari, telur akan menetas dengan derajat penetasan 70-90%. Setelah proses penetasan, pipa tempat penempelan telur diangkat dan lakukan perawatan larva sampai berumur sekitar 2 minggu dengan diberi pakan alami dan yang mepunyai kandungan protein tinggi seperti nauplii Artemia sp dalam kurun waktu 2x sehari (pagi dan sore) sampai larva mencapai umur sekitar 10 hari dan diberikan cacing Tubifex.

4. Pendederan dan Pembesaran Ikan Manfish

Saat Ikan Manfish telah berumur sekitar 2 minggu, benih telah bisa dilakukan penjarangan dan setelah itu dilakukan pendederan hingga ikan berumur 1 bulan. Setelah itu ialah memanen benih dan dipindahkan kedalam bak atau wadah untuk pembesaran. Disaat masa pembesaran sendiri, harus ada aliran air kedalam wadah pembesaran meski sedikit. Penebaran diwadah pembesaran dilakukan berkisar 100 ekor/m2 dengan diberi pakan cacing Tubifex atau pellet hingga benih mencapai umur sekitar 2 bulan dengan ukuran 3-5 cm. Pakan dan kualitas air yang berkualitas membuat sintasan pada masa pembesaran mencapai 70-90%.

5. Penyakit dan Penanggulangan Ikan Manfish

Ikan Manfish biasa dikenal sebagai ikan yang peka terhadap serangan penyakit, karena itu pengelolaan yang baik dalam menjaga kualitas air dan juga pakan harus diperhatikan. Jenis parasit yang menyerang benih atau induk diantaranya Trichodina sp, Chillodonella sp dan juga Epystilys sp. Dan untuk bakteri sendiri ialah Aeromonas hydrophilla. Obat yang bisa digunakan untuk menghadapi penyakit biasanya Formalin 25%, NaCl 500 ppm. Dan untuk obat bakteri bisa menggunakan Oxytetrachycline 5-10 ppm dengan perendaman 24 jam.

Demikianlah informasi mengenai cara budidaya Ikan Manfish dengan simpel dan aset yang menguntungkan. Untuk mendapatkan informasi lain seputaar cara budidaya, silahkan berkunjung ke blog cara budidaya lengkap, semoga bermanfaat.

Analisa Usaha dan Cara Budidaya Ikan Manfish Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Monika Levta