Pedoman Budidaya Neon Tetra Secara Benar

Budidaya Neon Tetra - Untuk para penggemar dan juga pecinta ikan hias, tentunya pasti akan tahu dengan yang namanya ikan neon tetra. Ikan yang banyak digemari karena bentuknya yang sangat lucu dimana ikan ini berasal dari Amerika Latin dengan penyebaran ikannya melalui sistem irigasi sungai Amazon, Brazil. Neon Tetra ialah salah satu jenis ikan tetra yang sangat terkenal dengan keindahannya ini memiliki warna tubuh yang berwarna hijau serta merah yang membuatnya dapat terlihat indah dan cantik. Apalagi jika, sifat Neon Tetra sendiri yang mudah untuk dirawat dan daya hidup yang tinggi. Budidaya neon tetra sangatlah menguntungkan. Untuk para pembudidaya sendiri, kewalahan karena adanya permintaan ekspor yang tinggi bagi ikan Neon Tetra ini. Berikut ini cara budidaya Neon Tetra dengan baik dan benar.

Cara Budidaya Neon Tetra

1. Pemilihan Indukan

Untuk pemilihan indukan Neon Tetra kita harus mengetahui mana yang jantan dan mana yang betina, ciri - ciri ikan Neon Tetra yang jantan ialah dengan mempunyai tubuh yang terlihat ramping, dengan garis warna neon yang terlihat lurus, serta gerakannya terlihat lebih lincah dan juga bentuk tubuhnya terlihat sedikit agak panjang. Sedangkan untuk indukan Neon Tetra yang betina, cirinya terlihat pendek, dibagian perutnya terlihat gemuk serta garis neonnya terlihat bengkok dimana gerakan tubuhnya terlihat lebih lamban jika dibandingkan dengan yang jantan.

2. Persiapan Tempat

Budidaya Neon Tetra ini sebenarnya cukup sulit untuk dilakukan. Tidak cuma ketrampilan serta pengetahuan teoritis, namun juga perlu adanya ketekunan serta pengalaman yang diuji dengan berkali - kali. Elemen dasar yang harus disiapkan pertama kali ialah air yang steril dan bersih dengan memiliki keasaman sekitar kurang dari 6.4. Tempatkan kolam berada didaerah yang gelap yeng memiliki suhu antara 20 derajat celcius.

3. Langkah Pemijahan

pemijahan dilakukan ditempat yang menggunakan air yang steril. Air hujan juga disiapkan dan ditampung dengan didiamkan sekitar kurang lebih 1-2 minggu. Dengan area pengembangbiakan yang sudah disterelisasi dengan cara pertama dibersihkan dan juga dicuci terlebih dahulu dengan menggunakan tawas. Lalu air hujan dimasukkan kedalam bak pemijahan. Dan juga campur dengan air hasil rendaman kayu asam dengan beberapa tetes dan diamkan selama 2-3 hari lamanya.

4. Cara Pembenihan

Langkah awal ialah memasukkan Neon Tetra jantan dan juga betina yang telah dipisahkan terlebih dahulu lalu dengan ditutupnya tempat tersebut kemudia beri lubang sedikit cahaya untuk kita dapat melihat gerak gerik dari ikan yang berada ditempat itu. Jika terlihat Neon Tetra jantan dan betina lagi bermain kejar - kejaran, maka 3 hari atau sekitarannya kemudian akan menghasilkan telur yang telah menempel di daun maupun diakar yang telah tersedia ditempat itu. Setelah itu, pindahkan induk serta tutup kembali dengan kain hitam sampai tidak ada cahaya yang dapat masuk ketempat itu. Sekitar 3 hari lamanya, telur Neon Tetra akan menetas dimana, anakan yang telah menetas tersebut diberi makan infusoria yaitu bakteri pembusuk didaun kubis maupun kol yang telah dibusukkan setetes - setetes. Kemudian sekitar 2-3 minggu baru boleh dibuka penutupnya dan akan melihat anakan ikan Neon Tetra berenang - renang. Catatan : Pembenihan Neon Tetra ini sebaiknya ditempat yang memiliki kondisi lembab serta dingin supaya proses dari pembenihan tidak terganggu serta benih menjadi tumbuh dengan sangat baik.

Itulah informasi seputar budidaya Neon Tetra yang baik dan benar. Untuk mendapatkan informasi tentang cara budidaya yang lainnya baik tumbuhan ataupun hewan, bisa berkunjung ke blog cara budidaya, semoga bermanfaat.

Pedoman Budidaya Neon Tetra Secara Benar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown