Cara Budidaya Bunga Matahari Secara benar

Sesuai dengan namanya yakni bunga matahari, mirip dengan matahari penerang dunia disaat siang hari mempunyai nama ilmiah helianthus annuus Linn serta masuk kedalam famili Composite ini masih sekeluarga dengan tanaman lidah buaya. Bunga matahari ini uniknya selalu tumbuh dan mengarah pada sinar matahari, dengan mempunyai jenis yang berbeda - beda. Bunga matahari ini juga merupakan salah satu jenis tanaman hias yang tentunya banyak ditanam oleh sekelompok orang. Sosok bunga yang besar dan gagah ini dapat tumbuh dengan baik disekitar dataran rendah sampai tinggi dengan kondisi sinar matahari penuh serta tidak terlalu berangin. Berikut ini cara budidaya bunga matahari agar selalu awet dan indah.

Cara Budidaya Bunga Matahari


1. Menentukan Lahan

Tanaman bunga matahari ini dapat tumbuh baik di dataran tinggi maupun dataran rendah dimana ketinggian yang idealnya mencapai 0-1500 mdpl. Dan yang paling cocok untuk menanam bunga matahari yakni di daerah pegunungan karena mampunyai kelembaban udara mencapai 80-90%. Cara pertama untuk budidaya bunga matahari ini ialah mempersiapkan lahan untuk menjadi media tanam dengan pertumbuhan bunga matahari. Dengan menggemburkan tanah dan ditambah dengan pupuk kandang serta didiamkan selama sekitar 7 hari supaya tercampur dengan sempurna didalam tanah. kemudian buat lubang ditanah dengan jarak antar tanaman sekitar 100cm. bersihkan juga rumput liar ataupun tanaman lain yang dapat mengganggu tanaman matahari agar mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Bibit Bunga Matahari

Bibit dari bunga matahari sendiri ialah yang didapatkan dari pengusaha yang membudidayakan tanamana hias, yang ada disekitar. Dengan menanam bibit dari bunga matahari ini sangat dipengaruhi oleh kualitas bibit bunga matahari yang akan ditanaman. Atau jika hendak menyemai biji bunga matahari dengan cara sendiri, dapat memilih biji bunga matahari yang telah tua, serta kelopak bunganya telah kecoklatan. Sebelum ditanam, lakukan penjemuran sampai biji menjadi benar - benar kering. Setelah itu, tebarkan dilahan persemaian yang telah disediakan, dan disiram setiap hari hingga muncul tunas, ini dilakukan sekitar 10-14 hari dan tunas telah mencapai tinggi 20cm dan siap untuk dipindahkan kelahan tanam yang sesungguhnya yang telah disediakan.

3. Cara menanam Bunga Matahari

Setelah bibit dari penyemaian mencapai 15-20cm, selanjutnya ialah memindahkan bibit dari tempat persemaian ke lahan tanam yang sesungguhnya. cara menanamnya dengan cara memasukkan bibit kedalam lubang tanam, lalu di tutup kembali dengan menggunakan tanah serta usahakan agar tanaman dapat berdiri tegak supaya tidak mudah roboh jika terkena angin ataupun hujan yang lebat. Setelah itu ialah perawatan tanaman dengan cara penyiraman secara teratur. Dan lakukan pemupukan susulan agar menjaga ketersediaan nutrisi untuk tanaman bunga matahari.

Cara Budidaya Bunga Matahari Media Pot

Selain di lahan yang besar dan luas, bunga matahari juga dapat dibudidayakan didalam media pot untuk ditujukan sebagai kesibukan pribadi maupun untuk mempercantik rumah. Caranya pun dipastikan lebih mudah dan praktis dibandingkan dengan proses budidaya yang ada dilahan. Berikut ini cara budidaya Bunga Matahari media Pot

Alat dan Bahan :
  1. Bibit setinggi 20cm
  2. Pot Bunga berukuran sedang atau besar
  3. Kotak dengan bahan kayu
  4. Tanah dan pasir
  5. Pupuk kandang atau kompos
  6. Sekop

Langkah - Langkah Menanam Bunga Matahari dengan Media Pot :
  1. beli bibit dari bunga matahari dengan varietas unggul seperti Autum beauty, Big Smile, pacino Gold, dan lain lain.
  2. Cara menanam bunga matahari ialah menyemai biji dengan memasukkan kedalam media persemaian dengan menggunakan kotak kayu yang telah berisi campuran dari tanah dan pupuk dengan perbandingan 1 : 1.
  3. Siram bibit bunga matahari secara rutin dan tempatkan dilokasi yang terkena sina matahari secara langsung.
  4. Sebelum biji selesai disemai biasanya berumur 10 hari, siapkan media tanam pot dengan campuran pupuk kandang, pasir ataupun tanah dengan perbandingan 1 : 2 : 3.
  5. Cara menanam bunga matahari selanjutnya ialah dengan memindahkan bibit dari bunga matahari yang telah tumbuh tunasnya kedalam media pot yang telah disiapkan, lalu tutup dengan tanah sebatas pangkal dari batang bibit tersebut.
  6. Siram bibit secara rutin dipagi dan sore hari, dengan penyiraman rutin ialah salah satu kunci yang menentukan berhasil tidaknya cara menanam bunga matahari karena bunga matahari ini sangat membutuhkan pasokan air yang banyak.
  7. Taruh pot bunga ke tempat yang terkena sinar matahari secara langsung selama 6-7 jam perharinya agar menjaga kebutuhan tanaman akan sinar matahari.
  8. Cara menanam bunga matahari saat setelah 2 bulan ialah dengan munculnya kuncup bunga, dan kuncup itu mulai mekar saat 1-2 kuncup muncul.
Demikianlah informasi mengenai cara budidaya bunga matahari agar selalu awet dan indah. Untuk mengetahui mengenai cara budidaya lainnya, silahkan untuk mengunjungi blog cara budidaya. Semoga bermanfaat.

Cara Budidaya Bunga Matahari Secara benar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Monika Levta